Khasiat di balik Mentimun

Menarik sekali. Mentimun yang diperkirakan banyak orang (termasuk saya) tidak memiliki khasiat apa-apa,ternyata memiliki fungsi-fungsi yang baru saja saya ketahui sendiri. Sehingga, menarik untuk dijadikan opini untuk membantu kita semua mengetahui lebih banyak tentang mentimun.

Dari informasi yang saya dapatkan, ditemukan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat karna mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C.Adapun penjelasannya lebih lanjut sebagai berikut:

1. Biji buah mentimun mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput.

2. Timun mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang serta mengandung asam malonat yang berfungsi menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, yang baik untuk mengurangi berat badan.

3. Kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.

4. Mentimun juga mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.

5. Mentimun ternyata dapat meredam panas mulut saat sariawan. Tapi, jangan disertai dengan sambal terasi, atau rujak lain karna justru akan membuat mulut terasa terbakar (K. Heyne Voderman.

6. Mentimun yang dijus (sayangnya banyak yang kurang suka) dapat melancarkan air seni.

7. Mentimun yang diparut, lalu dibuang airnya, dapat juga mengatasi demam. Dianjurkan parutan ditempel pada perut.

8. Kaya akan silikon dan rendah kalori dapat mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari, dan gatal karna tumbuhan, serta gigitan serangga.

Setelah mendapat pengetahuan ini, sayapun tertarik untuk mencoba khasiatnya. Meski secara klinis, khasiat-khasiat diatas sudah dibuktikan oleh para ahli. Jadi, kenapa tidak mencoba? Salam sehat...

Comments :

1

selain timun ?

pimkflower said...
on 

Post a Comment